Penyebab BAB Berdarah - Yang Harus Anda Waspadai

Penyebab BAB Berdarah - Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di website resmi kami,yang mana akan menyampaikan beragam informasi menarik terkait masalah kesehatan terutama ambeien. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan sebuah informasi untuk anda tentang penyeban BAB berdarah,yang bisa saja hal seperti itu tidak selalu disebabkan oleh munculnya ambeien.

Penyebab BAB Berdarah


Kondisi anus berdarah dapat menyebabkan penderita merasa takut dan khawatir. Pasalnya kondisi seperti ini baru akan disadari saat penderita melihat tinja yang mengandung darah,atau terdapat bercak darah yang menempel di celana,tisu serta kloset setelah melakukan buang air besar. Darah yang keluar biasanya berwarna merah terang,akan tetapi sesekali dapat berwarna merah gelap,hal itu tergantung dari penyebab yang mendasari kondisi itu sendiri.

Sebagian besar orang selalu mengaitkan BAB berdarah dengan ambeien. Namun ternyata masih banyak sekali penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan BAB berdarah,bahkan beberapa penyakit diantranya membutuhkan penanganan dengan segera. Apa saja penyakit yang dimaksudkan tersebut?Simak ulasannya dibawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab BAB berdarah,diantaranya:


  • Ambeien

Ambeien merupakan pembesaran serta peradangan yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena di area anus. Walaupun bukan termasuk kedalam penyakit yang berbahaya,tetapi rasa nyeri yang ditimbulkan ambeien sangatlah mengganggu.

Terdapat gejala yang akan menyertai munculnya ambeien seperti BAB berdarah dengan warna merah segar,adanya benjolan di area anus yang dapat dimasukan kembali atau bisa saja tidak dapat dimasukan kembali ke lubang anus.serta adanya rasa gatal di area anus. Seseorang yang menderita ambeien dianjurkan untuk mempunyai pola makan yang kaya akan serat,hal itu dilakukan agar dapat memperlunak konsistensi feses.

Penyebab ambeien sangatlah beragam dimulai dari diturunkan secara genetik,atau memang kareana lemahnya pembuluh darah vena pada rektum,atau bisa juga diakibatkan karena seringnya serta kuatnya mengedan.

Duduk yang terlalu lama juga dapat menjadi penyebab terjadinya ambeien. Hipertensi,obesitas,serta gaya hidup yang tidak sehat pun merupakan salah satu penyebab terjadinya ambeien. Bahkan seringnya mengonsumsi alkohol juga kopi pun sering kali menjadi faktor penyebab.

Alkohol bisa mengakibatkan penyakit hati yang kemudian akhirnya bisa menimbulkan penymbatan pada aliran pembuluh dara di rektum,sedangkan dengan mengonsumsi kopi dapat memicu terjadinya hipertensi.

Keadaan yang dehidrasi juga bisa saja menjadi penyebab ambeien. Karena dehidrasi dapat mengakibatkan tinja yang keras serta sulit untuk dikeluarkan.

  • Polip Usus

Polip adalah pertumbuhan jaringan dari dinding usus yang menonjol ke dalam lumen usus. Polip ini sendiri ada yang bertangkai juga ada yang tidak. Seseorang yang menderita polip ini dapat tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi,penderita polip akan mengalami keluhan seperti keluarnya darah dari anus. Pada kondisi yang tertentu,penderita dapat mengalami pendarahan yang terus menerus sehingga hal tersebut dapat mengancam nyawa.

  • Kanker Usus

Kondisi seperti ini merupakan salah satu kanker yang sangat umum dijumpai. Faktor risiko dari kanker ini diantaranya rendahnya mengonsumsi sayuran serta tingginya mengonsumsi daging merah. Merokok pun dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker usus. Gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus ini diantanya BAB yang berdaraj,berubahnya konsistensi feses,sulitnya buang air besar,serta terjadinya penurunan berat badan.

  • Ulkus Lambung

Ulkus lambung merupakan perlukaan yang terjadi pada lapisan dalam lambung. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab ulkus lambung,yang diantaranya :

  • Meningkatnya asam lambung yang disebabkan karena merokok
  • Stres
  • Faktor genetik (keturunan)
  • Bakteri (helicobacter pylori)

Seseorang yang menderita ulkus ini pada umumnya mengalami keluhan berupa nyeri ulu hati sesudah makan,mual serta terjadinya pendarahan ketika melakukan buang air besar namun dengan warna yang gelap.

Jadi pada penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab BAB berdarah. Apabila anda mengalami hal seperti diatas sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi anda ke dokter.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait penyebab BAB berdarah. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan ini dapat bermanfaat dan menjadi kewaspadaan anda terhadap penyakit yang mungkin saja dapat anda alami. Salam sehat!!

Penyebab BAB Berdarah - Yang Harus Anda Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment