Faktor Penyebab Terjadinya Ambeien

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya ambeien,yang mungkin akan mengganggu rutinitas anda.

Selamat datang di website kami,yang mana merupakan situs remi dalam pemaparan seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pemaparan tentang faktor penyebab terjadinya ambeien.



Ambeien atau wasir adalah pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di bagian rektum dan anus paling bawah. Ambeien atau wasir ini merupakan salah satu penyebab terjadinya pendarahan pada rektum.

Ambeien mempunyai beberapa penyebab,meskipun penyebabnya seringkali tidak di ketahui secara pasti. Namun ada beberapa yang menjelaskan bahwa ambeien di akibatkan oleh adanya ketegangan selama buang air besar.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ambeien,diantaranya :


  • Kurangnya Serat


Kurangnya asupan serat pun dapat menyebabkan ambeien. Karean serat mempunyai peran yang cukup penting dalam mengikat air ke dalam usus besar. Maka hal itu dapat melancarkan buang air beas. Apabila tubuh kekurangan serat maka anda harus mengejan untuk mengeluarkan tinja saat melakukan buang air besar. Hal seperti itu akan membuat pembuluh darah sekitar dubur lelah sehingga mengakibatkan ambeien.


  • Kehamilan


Pada seorang wanita biasanya risiko ambeien akan meningkat ketika mereka sedang hamil. Hal di akibatkan hampir sama dengan obesitas,yakni berat badan berlebih dari janin akan menekan area pinggul dan sekitarnya. Kondisi seperti ini dapat menghambat aliran balik pembuluh darah ke jantung,dan mengakibatkan banyak darah yang akan terbendung di area rektum dan anus yang menimbulkan penyakit ambeien.


  • Seringnya Menahan BAB


Disaat anda menahan buang air besak,makan secara otomatis akan mengakibatkan tekanan pada area anus. Dengan seringnya menahan buang air besar (BAB) maka hal ini dapat mengakibatkan terjadinya ambeien.


  • Sering Mengangkat Beban yang Berat


Seseorang yang memiliki aktifitas atau pekerjaan yang melibatkan dengan mengangkat beban yang berat mempunyai risi terkena penyakit ambeien. Hal ini terjadi karena adanya tekanan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang sehingga mengakibatkan ambeien.


  • Adanya Cedera Sumsum Tulang Belakang


Apabila seseorang pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan adanya cedera pada sumsum tulang belakang,maka hal ini akan merusak saraf pada rektum. Sehingga salah satu akibatnya yaitu tubuh tidak dapat mendeteksi apakah usus besar telah penuh atau belum. Dan tanpa di sadari mereka menjadi lebih sering menahan BAB,tekanan inilah yang akan memicu terjadinya ambeien.


  • Duduk yang Terlalu Lama


Duduk yang terlalau lama dapat menjadi faktor penyebab terjadinya ambeien kareana pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi oleh darah. Aliran darah tersebut pada akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin besar.


  • Obesitas


Terdapat beberapa alasan mengapa yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas mempunyai risiko menderita ambeien. Yang pertama alasanya karena berat badan yang berlebih akan memberikan tekanan yang lebih besar pada area pinggul dan rektum,hal tersebut dapat mengakibatkan pembuluh darah dan otot di area tersebut menjadi lemah. Sedangkan alasan lainnya karena dengan berat badan berlebih bisanya kurang akan serat dan jarang melakukan olahraga,sehingga lebih sering mengalami konstipasi.

Sekian pemaparan kami tentang faktor penyebab ambeien semongga apa yang telah kami papararkan dapat menambah wawasan anda seputar kesehatan.

Faktor Penyebab Terjadinya Ambeien Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment